JellyPages.com

Monday 13 May 2013

25 Tips Jadi Penulis Bestseller


Bagaimana cara menulis buku bestseller? Semua jawaban banyak dicari oleh mereka yang berselancar di dunia maya melalui google. Mereka mencari tips instan dan memaksakan diri untuk keluar dari bakat dan semangat menulis mereka sendiri yang sebenarnya sama sekali tidak memerlukan tips tersebut.
Sekolah menulis itu baik, tetapi sekolah menulis tidak mengajarkan berbagai kebutuhan nurani sebagai seorang menulis, jika menulis tidak semata rupiah melainkan membangun peradaban manusia yang utuh dan holistik.
Di bawah ini, saya menemukan 25 tips dan wawasan cara menulis bestseller dari beberapa penulis yang luar biasa yang saya sunting dari laman 99.u.com . Mereka, semuanya terfokus pada seni menulis. Sebagian besar tips berhubungan untuk mendorong hal-hal besar kedepan yang lebih kreatif.
  1. PD. James: Jangan hanya berencana untuk menulis dan menulis. Hanya dengan menulis, kita bisa mengembangkan gaya kita sendiri.

  2. Steven Pressfield: Saat pertama kali sebelum Anda siapkanlah untuk melakukan perlawanan terhadap banyak waktu dan kesempatan. Perlawanan akan menjadi keberanian ditengah keraguan.

  3. Ester Freud: Temukan rutinitas Anda. Cari waktu terbaik hari untuk menulis. Jangan biarkan apa pun mengganggu.

  4. Zadie Smith: Menulis seperti bekerja pada komputer yang terputus dari internet.

  5. Kurt Vonnegut: Cari topik yang Anda sayangi. Ini adalah kepedulian yang tulus. Bukan semata permainan Anda dengan bahasa dan menjadikannya sebagai elemen paling menarik dan menggoda dalam gaya Anda. Saya tidak mendesak Anda untuk menulis sebuah novel. Tetapi, meskipun begitu, Anda tidak akan menyesal jika menulis satu saja, asalkan Anda benar-benar peduli tentang sesuatu.

  6. Maryn McKenna: Jaga pikiran Anda agar terorganisir. Jangan terobsesi dengan model menulis yang tampaknya orang lain memilikinya dan lebih baik. Cobalah menahan diri untuk mencobanya apapun itu, kecuali: didukung oleh orang-orang yang bekerja dan mereka tahu dengan metode seperti Anda sendiri. Kemudian, Anda tahu bahwa Anda dapat menerapkannya dengan cepat dan mudah tanpa banyak penimbunan.

  7. Bill Wasik:  Menulis perlu memiliki garis besar, dan melekat sebagai penyelamat Anda menulis. Garis besar Anda akan mendapatkan Anda melalui periode tertentu, ketika Anda tidak mungkin membayangkan sebelumnya bisa menyelesaikan berbagai tulisan terbaik dan Anda melihatnya sebagai urutan lebih dari 1.000 bagian kata.

  8. Joshua Shenk : Mungkin Anda sulit untuk mengetahui bentuk draf pertama tulisan. Menulis dan menulis ulang sampai tiga kali pada saat pertama kali dan selanjutnya memiliki keberanian untuk menulis buruk.

  9. Water Sarah : Perlakukan menulis sebagai pekerjaan. Graham Greene terkenal menulis 500 kata per hari. Jean Plaidy berhasil menulis 5.000 kata sebelum makan siang, kemudian sorenya menghabiskan waktu menjawab surat dari penggemar. Saya perhari minimal 1.000 kata yang kadang-kadang mudah untuk dicapai.

  10. Jennifer Egan : Bersedia untuk menulis buruk buruk. Ini tidak akan menyakiti Anda untuk melakukan itu. Bagi saya, awal yang buruk hanya sesuatu untuk membangun. Ini bukan masalah besar. Anda harus memberanikan diri Anda untuk melakukan, karena Anda tidak dapat mengharapkan untuk menulis secara teratur dan selalu menulis dengan baik.

  11. Al Kennedy : Jadilah menulis tanpa rasa takut. Ini tidak mungkin, tetapi membiarkan ketakutan kecil dan sebaiknya Anda diamkan saja.

  12. Will Alone : Jangan melihat ke belakang sampai Anda sudah menulis sebuah draft secara keseluruhan. Mulailah menulis setiap hari dari kalimat awal sampai terakhir. Hal ini mencegah perasaan takut dan berarti bahwa Anda memiliki kemampuan untuk bekerja sebelum Anda turun ke karya nyata. Editlah tulisan tersebut.

  13. Haruki Murakami : Bangunkanlah kemampuan Anda untuk berkonsentrasi.  Penulis Raymond Chandler mengaku, bahwa ketika dia tidak menulis apa pun, dia memastikan duduk di mejanya setiap hari dan berkonsentrasi. Saya mengerti maksud dia melakukan hal itu. Ini adalah cara Chandler mengumpulkan stamina fisik seorang penulis professional. Ini semacam latihan harian yang sangat diperlukan.

  14. GeoffDyer : Memiliki lebih dari satu ide membutuhkan waktu. Jika ada pilihan antara menulis buku dan melakukan apa-apa yang lain, saya selalu akan memilih yang terakhir. Saya lakukan ini, jika memiliki ide untuk dua buku yang saya pilih salah satunya.

  15. Augusten Burroughs : Jangan bergaul dengan orang-orang yang negatif yang tidak mendukung tulisan Anda. Bertemanlah dengan penulis sehingga Anda memiliki sebuah komunitas. Mudah-mudahan, komunitas Anda dari teman-teman penulis akan baik. Mereka akan memberikan umpan balik yang baik sekaligus kritik yang membangun.

  16. Neil Gaiman : Ketika orang mengatakan sesuatu yang salah atau tidak bekerja untuk mereka hampir selalu benar. Ketika mereka memberitahu Anda apa yang mereka anggap salah dan bagaimana memperbaikinya, mereka hampir selalu salah.

  17. Margaret Atwood : Anda tidak pernah bisa membaca buku sendiri, dan halaman yang lezat pertama dari sebuah buku baru. Oleh karena itu, mintalah teman atau dua teman untuk membaca sebelum Anda memberikannya ke penerbit. Teman ini tidak boleh ‘sesuatu’ dengan Anda atau memiliki hubungan romantis, kecuali jika Anda ingin putus.

  18. Richard Ford : Cobalah untuk memikirkan keberuntungan orang lain sebagai dorongan untuk diri sendiri.

  19. Helen Dunmore :  Menulislah disuatu hari ketika Anda masih ingin melanjutkannya.

  20. Hilary Mantel : Jika Anda terjebak dengan tersumbat ide menulis, menjauhlah dari meja Anda. Berjalan-jalan, mandi, pergi tidur, membuat kue, menggambar, mendengarkan musik, bermeditasi, berolahraga, atau apa pun yang Anda lakukan. Janganlah cemberut! Tapi jangan membuat panggilan telepon atau pergi ke pesta. Jika Anda melakukannya, Anda harus kehilangan kata-kata. Bersabarlah!

  21. Cory Doctorow : Menulis bahkan ketika dunia ini kacau. Anda tidak perlu rokok, keheningan, musik, kursi yang nyaman, atau kedamaian batin untuk menulis. Anda hanya perlu sepuluh menit dan alat menulis.

  22. Chinua Achebe : Saya percaya diri bahwa penulis yang baik tidak perlu diberitahu apa-apa kecuali untuk terus melakukannya. Setelah Anda benar-benar melakukan semua yang Anda bisa, maka Anda dapat menunjukkannya kepada orang-orang.

  23. Joyce Carol Oates : Saya telah memaksakan diri untuk mulai menulis ketika saya sudah benar-benar habis. Ketika aku merasa jiwaku setipis kartu bermain. Ketika tidak ada yang tampak layak bertahan selama lima menit, dan entah bagaimana kegiatan menulis mengubah segalanya. Atau muncul untuk melakukannya.

  24. Anne Enright :  Cara untuk menulis buku adalah untuk benar-benar menulis sebuah buku. Sebuah pena berguna, mengetik juga baik.Terus menempatkan kata-kata di halaman.

  25. Sehabuddin : (tips tambahan dari saya) Jika Anda tidak menemukan pengakuan lingkungan sosial bahwa Anda manusia, maka menulislah sampai menjadi buku bestseller. Orang akan kaget dengan Anda, dan merekapun tanpa rasa malu akan menyalami Anda dan mengucapkan selamat. Menulislah selagi Anda membutuhkan perasaan jujur, atas tindakan dan harapan diluar sana yang perlu diselamatkan dan diwariskan peradaban

No comments:

Post a Comment